Rabu, 08 Desember 2021

Harga Cabai Merah di Metro Melompat Jadi Rp75 Ribu

METRO (8/12/2021) – Harga cabai merah di Pasar Cendrawasih Metro melompat jadi Rp75 ribu per kilogram, Rabu 8 Desember 2021. Lonjakan harga ini terpicu oleh kelangkaan pasokan bertepatan momentum Natal dan tahun baru.

Harga cabai merah sebelumnya hanya Rp40 ribu. Dalam tempo tiga hari, nilai ini melompat 87,5 persen menjadi Rp75 ribu. Cabai rawit ikut-ikutan naik dari Rp45 ribu menjadi Rp50 ribu. Sementara cabai hijau justru turun dari Rp30 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Pedagang cabai mengakui lonjakan harga cabai merah mencapai puncak pada hari ini. Harga masih mungkin naik karena stok kosong. Pasokan cabai terganggu cuaca buruk.

Bawang merah mencatat kenaikan harga lebih 30 persen dari semula Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram. Bawang putih masih stabil karena pasokan lancar dan stok mencukupi kebutuhan Natal hingga tahun baru.

Pedagang bawang menyebut musim hujan dan banjir sebagai pemicu kenaikan harga bawang merah. Petani tidak bisa panen dan distribusi dari Jawa ke Sumatera tersendat. Pasar Metro dan Lampung masih mengandalkan pasokan bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah.

MARTIN RPD

0 komentar:

Posting Komentar