Selasa, 07 Desember 2021

Tanggamus: Jalan Poros Kecamatan Hancur Bertahun-tahun

SEMAKA (7/12/2021) – Jalan provinsi ruas Pasar Sukaraja-Semaka, Tanggamus, hancur bertahun-tahun. Kerusakan makin parah sejak diterjang banjir besar dua kali. Jalan ini menyulitkan pengendara pada musim hujan maupun kemarau.

Kehancuran jalan paling parah di seputar Pasar Sukaraja dan Pekon Kanoman. Jalur sepanjang 10 kilometer banyak lubang. Sejumlah titik terdapat kubangan selebar bahu jalan. Kondisi ini mengakibatkan rawan kecelakaan mobil maupun motor.

Jalan provinsi menjadi jalur alternatif Kecamatan Wonosobo-Semaka-Pematang Sawa-Krui. Arus kendaraan dari Kotaagung-Pesisir Barat juga beralih ke jalan ini jika Jalan Lintas Barat Sumatera terputus karena bencana alam banjir atau longsor.

Warga Sukaraja mengeluhkan kerusakan jalan provinsi sudah menahun. Jalur ini makin banyak lubang dan aspal amblas setelah kebanjiran Sungai Semaka dua kali. Jalanan banyak kubangan selama musim hujan dan polusi debu pada musim kemarau.

Perbaikan jalan sudah mendesak mengingat keramaian lalu-lintas makin tinggi. Pengendara tidak nyaman dan waktu tempuh makin lama karena menghindari banyaknya lubang.

HARDI SUPRAPTO

0 komentar:

Posting Komentar