Jumat, 14 Januari 2022

Cegah Chikungunya, Lampung Tengah Buru-buru Fogging

TERBANGGIBESAR (14/01/2022) – Dinas Kesehatan Lampung tengah cepat-cepat melakukan fogging atau pengasapan setelah chikungunya mewabah di Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggibesar. Fogging fokus di tiga titik penyebaran penyakit.

Petugas menyemprotkan desinfektan pembunuh nyamuk penyebar virus chikungunya meliputi RT 51, RT 53, dan RT 57 Yukumjaya. Fogging merata di tempat-tempat terduga sarang nyamuk dan perkembangbiakan jentik nyamuk seputar lingkungan rumah dan sungai.

Chikungunya mewabah sejak tahun baru. Penyakit ini menyerang sekitar 40 warga Lingkungan 10 dan RT 34 Yukumjaya. Penderita memiliki keluhan sama yaitu demam, nyeri sendi, batuk pilek, badan gatal, dan keluar bintik merah. Sebagian sudah sembuh berobat ke puskesmas atau dokter.

Lurah Yukumjaya Iqbal Husen mengatakan penderita chikungunya berangsur sembuh. Ia berharap warga proaktif menjaga lingkungan guna mencegah penyebaran virus melalui nyamuk.

Petugas Puskesmas Poncowati Titik Soetyana mengimbau warga segera berobat jika terserang chikungunya dengan gejala persendian sakit selama satu hingga tujuh hari. Sejauh ini 24 pasien dari Poncowati dan Terbanggibesar sudah dirawat.

MANSUR DAN ZEN SUNARTO

0 komentar:

Posting Komentar