Kamis, 13 Januari 2022

Puluhan Rumah Rawan Banjir dan Longsor di Bakauheni

BAKAUHENI (13/1/2022) -  Hujan terus-menerus di Bakauheni membuat puluhan rumah di Kenyayan, terutama di Dusun 05, rawan banjir dan longsor. Rendaman dan tanah jatuh terparah terjadi pada Rabu Sore dan malam Kamis, 12 Januari 2022.

Meskipun umumnya berada di daerah perbukitan, banjir terjadi karena aliran kali mendangkal. Air deras dari pegunungan meluap ke permukiman warga, menggenangi gang dan rumah setinggi mata kaki dan lutut.

Banjir umumnya terjadi pada pukul 16.00 sore dan air baru surut pukul 19.00. Derasnya air juga membuat sejumlah tanah di sekitar longsor, mengancam rumah yang dibangun di pinggir perbukitan.

Untuk membantu warga yang terkena longsor, puluhan warga bergotong royong membersihkan tanah di RT 05 Dusun 05 Kenyayan, Kamis 13 Januari 2022, sesuai permintaan Camat dan Kepala Desa Bakauheni.

Pihak kecamatan dan desa juga meninjau sejumpah permukiman yang terkena banjir, termasuk melihat aliran kali di sekitarnya. Setidaknya 25 rumah terdampak banjir dan 1 rumah terdampak longsoran pada sore dan malam harinya.

Jery, Kadus 05 Kenyayan, Bakauheni, mengatakan satu-satunya cara mengurangi banjir di kawasan tersebut hanya membenahi kali yang kian mendangkal, menambal atau membangun tanggul yang jebol, dan menormalisasi aliran sungai.

ROY SHANDI 

0 komentar:

Posting Komentar