Kamis, 06 Januari 2022

Way Semuong Tanggamus Meluap: Puluhan Rumah Terendam

BANDAR NEGERI SEMUONG (5/1/2022) -  Way Semoung Tanggamus meluap Rabu Sore 5 Januari 2021. Meski hujan tidak turun di Gunung Doh dan Banding, Bandar Negeri Semoung, sungai membanjiri permukiman warga. Setidaknya 60 rumah terendam.

Rumah warga di Gunung Doh dan Banding terendam mulai pukul 18.30 lepas magrib. Hingga pukul 22.00 genangan masih terjadi, meski mulai surut dari ketinggian awal setengah hingga semester menjadi selutut hingga setengah meter.

Warga tanpa persiapan menyambut banjir mendadak dari pegunungan itu. Umumnya peralatan elektronik rusak. Ketinggian air di permukiman warga rata-rata setengah hingga semester dan masuk ke dalam rumah.

Rosminah, salah seorang warga, mengatakan barang hasil bumi mereka juga hanyut. Barang-barang elektronik ia pastikan tidak berfungsi lagi, karena tidak sempat diselamatkan saat banjir datang dan sungai meluap.

Pemkab Tanggamus tiba di lokasi selepas Isya, dipimpin Sekda Hamid Herliansyah Lubis. Ia disambut Camat dan kepala pekon setempat. Mereka mengeavaluasi rumah warga dan menghitung bantuan cepat yang harus dikirim.

Kepala Pelaksana BPBD Edian M. Toha mengatakan banjir di permukiman warga akibat meluapnya sungai, debit dari pergunungan tidak lagi tertampung, meluber ke dataran yang selama ini tempat tinggal penduduk.

Edian mengatakan pihaknya masih mengevaluasi penyebab banjir. Mereka konsentrasi membantu warga terdampak pada malam Kamis, 5 Januari 2022.

DEDI NOVRIANZA 

0 komentar:

Posting Komentar