Rabu, 16 Februari 2022

Jalan Poros Lumbirejo Pesawaran Nyaris Putus

NEGERIKATON (16/02/2022) – Jalan poros Desa Lumbirejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, nyaris putus akibat longsor. Kerusakan jalan sudah lama terabaikan hingga kondisinya makin parah. Pengendara nekat melewati jalur ini karena jalan alternatif memutar jauh.

Titik kerusakan jalan poros desa berada di RT 01 RW 07 Lumbirejo. Lokasi jalan membelah perbukitan dengan jalur turunan dan tanjakan. Kiri-kanan jalan terdapat jurang persawahan dan perkebunan kelapa. Jalan ini merupakan akses pertanian desa dan kecamatan.

Kerusakan jalan tepat di titik cekungan. Badan jalan nyaris putus karena tersisa sejalur sepeda motor dengan kondisi retak-retak. Sementara bahu jalan kiri-kanan longsor. Area kerusakan rawan meluas mengingat tanah berpasir gampang tergerus air.

Pelintas bersepeda motor cukup ramai meski jalan poros desa rusak sudah lama. Pengendara esktra hati-hati melewati jalur retak selebar motor. Warga berboncengan biasanya turun untuk menghindari kecelakaan. Selip sedikit membuat pemotor rawan terjungkal ke jurang kiri atau kanan.

Jalan poros bukan hanya menghubungkan Desa Lumbirejo dan Los Kali, Kecamatan Negerikaton. Jalur ini juga menghubungkan pusat pemerintahan Pesawaran dan Pringsewu. Jalan rusak tetap menjadi pilihan pengendara motor karena jalur alternatif memutar jauh.

Badan Permusyawaratan Desa Lumbirejo Sunarto, Rabu 16 Februari 2022, membenarkan kerusakan jalan poros desa sudah parah. Jalurnya sempit dan berbahaya bagi kendaraan roda dua. Pengendara dituntut berhati-hati dan waspada. Perangkat desa berharap Pemkab Pesawaran segera memperbaiki kerusakan jalan demi keamanan dan kenyamanan berlalu-lintas.

MUSPIYAN AGUNG

0 komentar:

Posting Komentar