Minggu, 27 Maret 2022

Petani Barus, Lampung Barat Buang Tomat di Pinggir Jalan

LIWA (27/3/2022) - Pembuangan tomat di pinggir Jalan Raya Lintas Barat Lampung viral dalam dua hari terakhir. Petani ramai-ramai membuang sayuran ini karena harganya hanya Rp500 ribu rupiah dari biasanya tiga ribuan hingga sepuluh ribu saat paceklik.

Pemandangan tomat di pinggir jalan, terutama tampak di Pekon Sebarus, Balik Bukit, Lampung Barat. Tomat yang sudah memerah dihampar di pinggir jalan, mencuri perhatian pengendara yang lewat.

Marwan, petani sekaligus agen sayuran di Pekon Sebarus, mengatakan harga anjlok menjadi Rp500 per kg karena permintaan pasar berkurang, sedangkan petani panen bareng di beberapa tempat.

Karena tidak mampu lagi mampu menampung dan harga jual sudah tidak sebanding, mereka pun membuangnya di pinggir jalan. Mereka juga  khawatir sayuran tersebut membusuk di gudang.

Warga Pekon Sebarus itu mengharapkan Pemerintah memberi jalan keluar market kepada petani dan agen untuk menjembatani penjualan langsung dengan produsen atau membantu mereka membeli peralatan pembuatan saos, hingga sayuran itu tidak selalu dipermainkan harga pasar.

LILIANA PARAMITA 

0 komentar:

Posting Komentar