Kamis, 31 Maret 2022

Tortor Disertakan dalam Festival Budaya Pesisir Barat

KRUI (30/3/2022) -  Pesisir Barat menggandeng kesenian Provinsi lain saat menyelenggarakan Pesta Budaya di Labuhan Jukung, Krui, Pesisir Tengah, Rabu 30 Maret 2022.

Masih didominasi oleh kesenian Pesisir Barat yang terus berkembang di bawah pimpinan Ketua Dewan Kesenian Septi Istiqlal, kesenian lain yang tampil di antaranya tortor dan lagu Sigulempong khas Tapanuli, Sumatera Utara.

Bupati Pesisir Barat Drs. H. Agus Istiqlal pun tak menyembunyikan suka citanya saat membuka festival budaya tersebut. Ia meneriakkan seruan khas adat kabupaten itu saat menyampaikan kata sambutan.

Sejumlah tarian adat istiadat Pesisir Barat ditampilkan oleh seniman-seniman kabupaten tersebut, mulai dari sembah, kipas, dan pencak silat.

Festival Kebudayaan juga diwarnai pameran hasil kerajinan dan makanan olahan Dharma Wanita Pesisir Barat yang juga dipimpin Septi Istiqlal, isteri dari Bupati. Penganan tersebut dikemas dalam plastik dengan warna-warni merk.

Dr David Pardede, warga Batak di Pesisir Barat, mengatakan ia berbangga ikut menyumbangkan tarian dan lagu khas Tapanuli Sumatera pada Festival Kebudayaan tersebut, apalagi keduanya sudah menjadi budaya nasional.

YUAN ANDESTA 

0 komentar:

Posting Komentar