Minggu, 03 April 2022

Anak Krakatau Sebar Batu Apung ke Pantai Lampung Selatan

BAKAUHENI (3/4/2022) -  Gunung Anak Krakatau menebar batu apung ke sejumlah pantai di Lampung Selatan setelah setop meletus pada Rabu, 30 Maret yang lalu. Material tersebut bisa dijumpai di beberapa lokasi yang mengarah Bakauheni, seperti Minang Rua, Kelawi.

Batu Apung menyebar di hampir seluruh garis pantai. Sebagian warga mulai mengumpulkannya karena material tersebut sering dimanfaatkan menjadi media filter, seperti di aquarium. Harga di pasaran bervariasi antara 6  ribu hingga 20 ribu rupiah per kilogram.

Tomi, Lifeguard Pantai Minang Tua, Kelawi, Lampung Selatan mengatakan letusan Gunung Anak Krakatau pada akhir Maret lalu membuat pihaknya lebih waspada mengawasi pinggir laut di sana. Ia melihat asap masih mengepul dan ombak masih tinggi.

Suwarno, petugas pemantau Anak Krakatau, di Hargo Pancuran, Rajabasa, Lampung Selatan, Minggu 3 April 2022, mengakui gunung legendaris tersebut setop meletus pada 30 Maret yang lalu, setelah membuat aktivitas sejak 25 Maret.

Ia mengakui letusan antara 500 meter hingga 1 kilometer berdampak terhadap pantai di sekitar Bakauheni karena letusannya dibawa ke arah tenggara, selatan, dan timur laut.

Meski sudah tidak meletus, Suwarno menyebut pihaknya masih menetapkan status level II Waspada. Mereka mengharapkan pelancong dan nelayan tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2  kilometer.

ROY SHANDI

0 komentar:

Posting Komentar