Minggu, 03 April 2022

Simba dengan Seruit, Sehari Sebelum Puasa di Minang Rua

BAKAUHENI (2/4/2022) - Tradisi ke pantai menyambut Ramadhan masih terus berlangsung bagi warga sekitar Pantai Minang Rua, Lampung Selatan. Hingga sehari sebelum puasa tiba, Sabtu 2 April 2022, mereka masih memenuhi pinggir laut, membawa keluarga bersuka cita.

Terletak di Desa Kelawi, Lampung Selatan, jarak pantai sekitar dua jam dari Bandarlampung atau belasan menit dari Pelabuhan Bakauheni. Cukup mencari SPBU Garuda Hitam, belok kanan dari arah Kalianda.

Jalan ke sana cukup mulus,  bisa dicapai dengan roda empat, meski lebih nyaman memakai sepeda motor.

Dengan harga tiket lima ribu per orang dan parkir mobil sepuluh ribu, kawasan ini cocok untuk berkemah. Di hari-hari tertentu, pengunjung bisa melihat penyu, terutama anakannya tukik. Ada juga gua, tetapi belum tergarap dengan baik.

Tomi, lifeguard pantai, mengatakan saat cuaca belum bersahabat seperti saat ini, terutama setelah Gunung Anak Krakatau Meletus, mereka mengawasi pengunjung untuk mengutamakan keselamatan. Puncak pengunjung terjadi pada Sabtu Siang.

Karena hendak puasa, Ketua Pokdarwis di sana pun menyediakan ikan simba untuk dibakar. Sambel seruitnya pun sudah disiapkan keluarganya. Mengundang selera untuk makan siang terakhir di sehari sebelum Ramadhan.

ROY SHANDI 

0 komentar:

Posting Komentar