Senin, 23 Mei 2022

Lampung Perkuat Kapasitas Perempuan Nelayan Rajungan

BANDARLAMPUNG (23/05/2022) – Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung bersama Photovoices International (PVI) dan Coral Triangle Center (CTC) menggelar Pameran Foto dan Diskusi Program Photovoices di Hotel Sheraton, Senin 23 Mei 2022. 

Pameran Foto dan Diskusi Program Photovoices dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dengan tema Perempuan Nelayan Lampung Dorong Perikanan Rajungan Lestari Kampung Kuala Teladas dan Kampung Sungai Burung Tulangbawang.

Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan program Photovoices International dan Coral Triangle Center merupakan pendekatan unik dan inovatif sebagai bagian pengelolaan perikanan rajungan yang berkelanjutan.

Program peningkatan kapasitas perempuan nelayan berjalan di Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Tulangbawang. Perempuan nelayan dikenalkan kanvas bisnis dan fotografi partisipasi serta pelatihan keuangan penanganan pasca panen rajungan.

Gubernur menekankan pengelolaan rajungan meningkatkan kesejahteraan ekosistem dan stok rajungan, sekaligus kesejahteraan sosial dan ekonomi para pemangku kepentingan. Rantai pasokan rajungan melibatkan lebih dari 4.000 nelayan dan 1.000 pekerja UMKM.

Nilai ekspor komoditas rajungan menempati posisi kedua perikanan Lampung. Volume ekspor mencapai 1.577 ton senilai Rp516 miliar rupiah. Rajungan bernilai Rp327.586 rupiah per kilogram. Harga ini lebih tinggi dibandingkan udang Rp148.211 per kilogram.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Liza Derni menyebut Pameran Foto dan Diskusi Program Photovoices memberikan wadah perempuan nelayan rajungan untuk berbagi cerita dan gambar kehidupan Kampung Kuala Teladas dan Sungai Burung. Perempuan nelayan rajungan berperan penting dalam proses pasca panen rajungan.

JUHARSA ISKANDAR

0 komentar:

Posting Komentar