Jumat, 10 Juni 2022

Melongok Kampung Khilafah di Jatiagung, Lampung Selatan

BANDARLAMPUNG (9/6/2022) -  Organisasi Khilafatul Muslimin kembali menjadi sorotan setelah sejumlah anggotanya pawai di beberapa lokasi dan pemimpinnya di Lampung, Abdul Qadir Hasan Baraja, dibawa Polda Metro Jaya ke Jakarta pada Selasa, 7 Juni 2022 yang lalu.

Selain di kantor pusatnya di Bandarlampung, Khilafatul Muslimin terkenal memiliki kampung di Dusun Karang Anom, Desa Karang Sari, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, karena mayoritas penduduknya anggota atau Jemaah dari kelompok tersebut.

Berdiri sejak Tahun 2004 dan lahannya merupakan hibah dari salah seorang anggota Khilafatul Muslimin, warga di Dusun Karang Anom umumnya bermata pencarian sebagai petani, peternak, dan pedagang. 

Abu Bakar, ketua Siar Silaturahmi Dunia Khilafatul Muslimin,  Kamis, 9 Juni 2022, mengatakan mereka masih beraktivitas biasa, meski pemimpin mereka dibawa ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 7 Juni lalu.

Dalam ungkap kasus di Kalianda, Selasa, 7 Juni 2022, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin membantah ada Kampung Khilafah di Lampung Selatan. Ia menilai istilah itu hanya bisa didapat dari pencarian kata di Google.

AKBP Edwin mengatakan pihaknya sudah mengadakan pembinaan berulang kali terhadap kelompok yang dinilai radikal. 

Bersama Kodim Lampung Selatan dan Pemkab, Polres juga mengawasi setiap gerakan, seperti rencana pembangunan pesantren d Katibung yang tidak jadi, karena tidak diperkenankan oleh warga sekitar.

DANDI SUCIPTO DAN ROY SHANDI 

0 komentar:

Posting Komentar