Minggu, 12 Juni 2022

Perjalanan Panjang Jabatan Wakil Bupati Lampung Utara

KOTABUMI (11/6/2022) – Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo mengatakan, lewat perjalanan yang panjang, ia akhirnya memiliki wakil dalam memimpin kabupaten tersebut hingga akhir masa jabatan pada Tahun 2024.

H. Budi Utomo mengatakan hal itu setelah Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi melantik Ardian Saputra menjadi wakil bupati Lampung Utara untuk periode Tahun 2019 – 2024 di Lantai III, Balai Keratun, Kantor Pemprov, Jumat, 10 Juni lalu.

Berpasangan dengan Agung Ilmu Mangkunegara, H. Budi Utomo terpilih menjadi Bupati Kabupaten Lampung Utara untuk periode 2019-2014. Mereka berdua dilantik 29 Maret 2019 yang lalu, setelah menang atas dua pasangan yang lain, Zainal Abidin-Yusrizal, dan Aprozi Alam-Ice Suryana.

Agung Ilmu Mangkunegara terantuk Operasi Tangkap Tangan KPK pada Minggu Sore, 6 Oktober 2019, yang menyeret sejumlah kepala dinas dan kerabatnya. Putera Anggota DPR RI Tamanuri itu hanya menikmati jabatan masa keduanya selama enam bulan.

Kekosongan jabatan bupati berlangsung lebih dari setahun. Meski menjadi pelaksana tugas, Budi Utomo baru resmi menjadi Bupati pada Selasa, 3 November 2020. Ia dilantik oleh Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi.

Sejak Budi Utomo dilantik menjadi bupati, sejumlah pihak mulai menggadang-gadang siapa Wakil Bupati Lampung Utara karena masa jabatan masih cukup lama hingga Tahun 2024.

Tahun 2024 adalah  tahun resmi pilkada serentak. Lampung Utara tidak membutuhkan plt bupati, seperti terhadap mayoritas kabupaten lain, yang kini sudah diawali oleh Pringsewu, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.

Dua tahun tanpa wakil bupati, DPRD Kabupaten Lampung Utara akhirnya memilih sejumlah calon, menyeleksi, dan mengadakan pemilihan pada Rabu, 6 April 2022. 

Ardian Saputra menang pada pemilihan tersebut. Ia meraih 43 dari 45 suara, itu pun karena kedua anggota DPRD tersebut tidak hadir. Calon lainnya, William Mamora tidak memperoleh satu suara pun pada saat itu.

Peta politik Lampung Utara pun menjadi lebih berwarna. Ardian Saputra adalah putera mantan Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, yang juga pesaing pasangan Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo pada Pilkada Tahun 2019.

Ardian Saputra dan Wiliam Mamora diusulkan sebagai calon wakil bupati oleh empat partai koalisi pengusung pasangan Agung Ilmu Mangkunegara-Budi Utomo dalam Pilkada 2019 yakni PAN, Nasdem, PKS, dan Gerindra. 

Mungkin karena melihat dinamika politik Lampung Utara, Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi mengingatkan Ardan Saputra sebagai wakil bupati yang baru dilantik senantiasa berkomunikasi dan menjaga harmonisasi yang baik, dalam melaksanakan peran dan fungsi kepada Bupati dan seluruh instrumen pemerintahan dan elemen kemasyarakatan di Lampung Utara.

ADI SUSANTO DAN JUHARSA

0 komentar:

Posting Komentar