Rabu, 24 Agustus 2022

Gempa Buat Panik Warga di Lampung Barat dan Pesisir Barat

BANDARLAMPUNG (23/8/2022) -  Gempa membuat panik warga Lampung Barat, Pesisir Barat, dan sebagian wilayah Tanggamus, pada pukul 21.31, malam Rabu, 23 Agustus 2022. Sebagian tembok TVRI Lampung Barat rusak, lampu hias Masjid Nurul Huda Simpang Serdang jatuh, dan warga Liwa menyebarkan foto retakan di sejumlah rumah.

Bigar Kristantyo, Staff PMG BMKG Kotabumi, menyebut gempa tektonik berkuatan 6,5 terletak di Samudera Hindia Barat, yang berjarak 80 Km arah Selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 km. 

Di Lampung gempa terasa sangat keras di Liwa dan Krui, terasa juga di Tanggamus dan Bandarlampung. Sedangkan di Bengkulu dan Sumatera Selatan, terkuat di Kaur. Lainnya terasa kecil di Bengkulu,   Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Enggano, Muko-muko, Argamakmur, Manna, Putri Hijau.

Gempa juga terasa di daerah Sumatera Selatan, seperti  Musi Rawas , Oku Selatan, Lubuk Linggau, Lahat, dan  Pagar Alam, Martapura, Panimbang. Atau di Banten, di Bayah, Malingping, Ujung Kulon.

Kecuali di Liwa, Lampung Barat, Staff PMG BMKG Kotabumi Bigar Kristantyo, menyebut belum ada laporan dari daerah lain. Pernyataannya diperkuat Anton Sugiharto, Kepala Sta. Geof. Kelas III Lampung Utara.

Kabid Tanggap Darurat BPBD Kaur Yanto mengatakan mereka sedang menunggu laporan dari warga karena jarang sekali terdengar gempa berkekuatan 6,5 di kawasan tersebut. Namun, petugas menerima video genteng sebuah rumah berantakan di Pasar Lama Kaur Selatan.

LILIANA, ADI SUSANTO, DEDI NOVRIANZA, DAN DEDI KAPRIYANTO

0 komentar:

Posting Komentar