Jumat, 26 Agustus 2022

Jalan Talang Metro - Ulok Mukti, Pesisir Barat Banjir

NGAMBUR (26/8/2022) -  Jalan penghubung antar Pemangku Talang Metro dan Pekon Ulok Mukti, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat banjir, Jumat, 26 Agustus 2022, gara-gara hujan deras melanda kawasan tersebut selama satu setengah jam dari pukul 13.00 siang.

Banjir menggenangi jalan dari setinggi lutut hingga setengah meter. Umumnya warga tidak berani melewatinya karena takut roda dua mereka mogok atau hanyut terbawa arus air. Anak-anak pulang sekolah pun terpaksa dipapah orang dewasa agar selamat sampai  rumah.

Hingga pukul 16.00 sore, banjir masih menggenangi kawasan sekitar. Ratusan hektare sawah siap panen diperkirakan puso. Lahan pertanian dan perkebunan di sana seolah-olah menyatu dengan sungai di sana.

Hibzon, warga sekitar, mengatakan masyarakat tidak mengira hujan selama satu setengah jam tersebut membuat tinggi air lebih dari biasanya. Ia mengakui sejumlah kawasan di sana langganan banjir setiap hujan, tetapi baru kali ini terbesar dan menganggu jalan raya.

Warga Ngambur itu menyebut banjir disebabkan sungai tidak lagi bisa menampung debit air dari pegunungan. Sedangkan genangan di jalanan akibat dari kecilnya drainase.

Hibzon memperkirakan banjir lama baru surut. Ia mengharapkan Pemerintah membantu petani yang puso, karena satu-satunya penghasilan warga di sana menanam padi.

YUAN ANDESTA

0 komentar:

Posting Komentar