Minggu, 04 September 2022

18 Gajah Dekati Permukiman Warga di Suoh Malam-Malam

SUOH (3/9/2022) -  Setidaknya 18 kawanan gajah kembali memasuki permukiman warga di Pekon Sukamarga, Suoh, selama tiga malam terakhir, dari tanggal 1 sampai 3 September 2022. Jarak hewan dan penduduk sempat mendekati 30 meter dan sempat melasak tanaman pagi warga.

Selain hendak masuk Pekon Sukamarga, ke-18 gajah berusaha masuk lagi ke permukiman warga Pelalangan dan Dusun Sukaraja pada besok malamnya. Tim Satgas yang mengikuti gerakan hewan itu mengumpulkan warga untuk dan warga bersiaga,

Tim Satgas dan warga mencegah kawanan gajah tidak masuk ke permukiman dengan membunyikan petasan dan mercon. Kawanan hewan itu  kembali ke hutan, namun muncul lagi bergerombol besok malamnya.

Sugeng Hari Kinaryo Adi,  anggota DPRD Lampung Barat Dapil Suoh, mengatakan siang harinya kawanan gajah bergerak ke arah Kawah Nirwana, dan sempat mandi di danau lebar. Perlu waktu beberapa jam mengusir hewan itu dari sana.

Anggota DPRD Lampung Barat itu menyebut pencegahan gajah masuk perkampungan berlangsung hingga pukul 01.00 dinihari. Saat diikuti pada pukul 07,00 pagi, Sabtu 3 September 2022, kawanan gajah masih memutar-mutar antara Pedukuhan Terbilang Lancar dan Nirwana.

Hingga Sabtu, 4 September 2022, Satgas belum berhasil menghalau kembali ke hutan, hingga umumnya anggota standby hingga malam hari.

LILIANA PARAMITA 

0 komentar:

Posting Komentar