Sabtu, 29 Oktober 2022

Banjir Lampung Selatan: Petugas Bersihkan Rumah Berlumpur

SIDOMULYO (29/10/2022) -  Puluhan anggota Polres Lampung Selatan dan Polsek Sidomulyo, Sabtu, 29 Oktober 2022,  dikerahkan membersihkan rumah warga yang masih berlumpur, mengeringkan mebelair, termasuk menjemur kasur dan bantal.

Pembersihan rumah warga dipimpin Wakapolres Lampung Selatan Kompol Sukamso. Ia didampingi Kapolsek Sidomulyo Iptu Ilham Effendi, Kanit Binmas Iptu Maulana. Melibatkan Satuan Samapta Polres dan anggota Polsek.

Kompol Sukamso mengatakan Polres dan Polsek memprioritaskan pembersihan rumah dan lingkungan sekitarnya agar warga kembali beraktivitas dengan nyaman, setelah didera banjir bandang pada Kamis, 27 Oktober.

Wakapolres menyebut umumnya rumah yang dilanda banjir masih berlumpur. Ia juga meminta petugas menjemur perabotan, kasur, dan bantal agar warga terhindar dari penyakit yang ditimbulkan banjir.

Petugas Kepolisian jajaran Polres Lampung Selatan juga diminta membantu warga memperbaiki rumah, pos-pos ronda, termasuk membersihkan sampah dari drainase yang ditimbulkan oleh banjir bandang.

Sukamso mengatakan pembersihan drainase dan sungai menjadi penting karena musim hujan baru saja mulai. Selain karena selain intensitas hujan tinggi, banjir pada Kamis, 27 Oktober, terjadi akibat buruknya drainase dan jaringan sungai.

Dari Palas, Kapolsek  AKP Andy Yunada menyebut anggota Polsek di sana, mulai pukul 13.00, Sabtu, 29 Oktober 2022, membesihkan saluran irigasi persawahan di Desa Pulau Jaya, dengan memakai eksavator.

Saluran irigasi di Pulau Jaya sempat meluap karena jebolnya tanggul di Desa Trimo Mukti, Candipuro akibat banjir pada Kamis, 27 Oktober. Situasi diperparah akibat aliran air terhambat oleh banyaknya eceng gondok.

Hingga Sabtu Sore, sebagian dari eceng gondong yang memenuhi saluran irigasi sudah diangkut ke bantaran.

GELLY

0 komentar:

Posting Komentar