Banjir Seret 1 Mobil dan 2 Motor di Giham, Lampung Barat

LIWA (24/10/2022) -  Sejumlah pekon di dua kecamatan di Lampung Barat banjir bandang,  pukul 14.30, Senin, 24 Oktober 2022. Sebuah mobil dan dua motor sempat tergusur air, 2 unit berhasil diselamatkan warga, namun satu roda dua terbawa arus.

Banjir bandang terparah di jalan penghubung antara Pemangku Margajaya dan Pekon Sukaraja, Kecamatan Way Tenong. Air juga meluap di Pekon Giham, Sukamaju, Kecamatan Sekincau, lokasi 1 mobil dan 2 motor hanyut.

Kepala BPBD Lampung Barat Padang Priyo Utomo mengatakan, hingga malam Selasa, 24 Oktober 2022, pihaknya masih mengupdate data kerusakan akibat banjir bandang, mulai dari jalan, persawahan, dan perkebunan sayur warga.

Satu unit mobil dan 2 unit motor hanyut saat pengemudinya sedang mencuci kendaraan di Pekon Giham, Sukamaju, Sekincau. Warga tidak mengira sungai di sana menjadi banjir bandang, hingga menyeret apa saja yang dilewatinya.

Perkebunan sayur, persawahan, dan kolom ikan yang rusak umumnya berada di pinggiran Sungai Way Kabul, yang tidak mampu menampung debit air akibat hujan dengan intensitas tinggi di kawasan tersebut.

Mengutip BMKG, Padang Priyo Utomo mengatakan hujan intensitas tinggi  masih tahap awal dan diperkirakan berlangsung hingga Desember. Ia meminta warga dan para pamong melapor ke Satgas Siaga 24 jam jika ada peristiwa.

LILIANA PARAMITA 

0 comments:

Posting Komentar