Baru Selesai, Jembatan Way Billu Lampung Tengah Ambelas

GUNUNG SUGIH (26/10/2022) -  Baru sepekan dibuka untuk umum, jembatan Way Billu, penghubung Gunungsugih dan Kotagajah di antara Kampung Buyut Ilir dan Buyut Udik, Lampung Tengah,  mulai retak dan ambelas. 

Keretakan bisa didapati di jalan aspal dan beton talud, Sedangkan tanah ambelas terjadi sebelum fondasi jembatan besi. Warga sekitar sudah mematok dua kayu di sana agar warga, terutama pengendara sepeda motor, berhati-hati.

Dari plang beton yang terpampang di sana, jembatan selesai September 2022. Tidak ada lagi papan proyek yang menyebutkan siapa yang kontraktor yang membangun, anggaran diperoleh dari mana, dan berapa jumlahnya.

Jembatan Way Billu diterjang arus sungai pada malam Jumat, 9 Desember 2021 yang lalu. Selama sembilan bulan lebih jalur Gunung Sugih – Kotagajah putus. Pengemudi mobil terpaksa memutar lewat jalur Majapahit – Punggur – Kotagajah. Pengendara motor lewat Simpang Pagarwaja – Bumiwaras.

Deni Setia Negara, warga Kampung Buyut Udik, Rabu, 26 Oktober 2022, mengatakan ia kecewa melihat pengerjaan asal-asalan jembatan tersebut. Selain merugikan negara, ia melihat ambelasnya jembatan bisa mencelakakan pengendara yang lewat.

Warga Kampung Buyut Udik itu melihat retak dan ambelasnya jembatan akibat pekerjaan proyek tidak sesuai spesifikasi.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar