Bupati Lampung Utara Hadiri Gerakan Nasional Aksi Gizi

KOTABUMI (26/10/2022) -  Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Kesehatan mengadakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Lampung Utara bertempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri, MTsN 2 Lampung Utara, Rabu 26 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan kali ini Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Totong Sunardi, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Ketua Puskesmas Kabupaten Lampung Utara, siswa dan siswa MTsN 2 Lampung Utara.

Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan senam bersama, sarapan sehat bersama serta cuci tangan bersama.

Dalam laporannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara, Maya Mannan menyampaikan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini dilaksanakan serentak se-Indonesia. Untuk Kabupaten Lampung Utara sendiri pelaksanaan Gerakan Aksi Bergizi Tahun 2022 ditempatkan di Sekolah dan Madrasah.

Ada enam sekolah di Kabupaten Lampung Utara yang melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tahun 2022. Sekolah dan madrasah yang melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tahun 2022 di Tingkat Kabupaten Lampung Utara ialah SMAN 3 Kotabumi, SMAN 1 Abung Tinggi, MAN 2 Lampung Utara, SMPN 1 Abung Tinggi, SMPN Blambangan dan MTsN 2 Lampung Utara.

Kadis Kesehatan Lampung Utara menyebut kegiatan tersebut dalam rangka meliterasi bagi remaja bahwa pentingnya kesehatan. Dari kegiatan ini diharapkan para remaja khususnya remaja putri terhindar dari anemia dan stunting.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara menyampaikan  setiap bulan Bulan Oktober, Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. 

Sebagai pemuda pewaris perjuangan bangsa, ia minta generasi muda harus dapat mempersiapkan diri untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dan pelaksanaan pembangunan. 

Karena itu, pemuda harus dipersiapkan untuk menyongsong masa depan bangsa, yang salah satunya adalah melalui Gerakan Nasional Aksi Bergizi, yang juga merupakan sebuah gerakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Pemerintah secara nasional mencanangkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi serentak yang diselenggarakan pada hari ini Rabu, 26 Oktober 2022 untuk memecahkan Rekor MURI. 

Pemerintah saat ini masih terus melakukan upaya untuk menanggulangi stunting atau gizi buruk yang terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu perlu mengkampanyekan pola hidup dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang bisa dimulai dari diri sendiri.

Bupati mengatakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi serentak merupakan kegiatan yang dilaksananakan untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi dalam membiasakan konsumsi Tablet Tambah Darah, konsumsi gizi seimbang, dan aktifitas fisik bagi anak sekolah.

Gerakan Aksi Bergizi ini dirancang untuk mengatasi tiga beban masalah gizi di kalangan remaja melalui pencegahan anemia sambil mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat, makan makanan sehat bergizi seimbang, dan aktifitas fisik.

Gerakan Aksi Bergizi ini menjadi salah satu upaya strategis dalam kepatuhan mengkonsumsi tablet tambah darah pada remaja putri, yang juga merupakan salah satu indikator intervensi gizi spesifik dalam rangka penurunan stunting.

Bupati meminta kepada seluruh siswa-siswi harus mempunyai attitude yang positif dalam mengonsumsi makanan, dan jajanan di sekolahpun harus mendukung ke arah yang lebih sehat. 

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar