Jumat, 21 Oktober 2022

Kampung Setia Bakti Cek Validitas Data Kependudukan

SEPUTIH BANYAK (21/10/2022) – Kampung Setia Bakti SB 14, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, memverifikasi data kependudukan seperti kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Pengecekan ini dengan tujuan akurasi dan validitas data online.

Pengecekan data kependudukan merupakan gebrakan pertama kepala kampung baru Al Amin Suwito. Ia memerintahkan kepala dusun dan RT menyosialisasikan verifikasi data kependudukan dari rumah ke rumah. Perangkat kampung mengecek langsung keakuratan KK dan KTP, Jumat 21 Oktober 2022.

Kepala Dusun 4 Mulyono bersama Ketua RT 16 Warono dan Babinsa Koramil Seputih Banyak Sertu Eko Wiyono keliling dusun mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Mereka melaksanakan tugas sesuai perintah kepala kampung.

Al Amin Suwito mengatakan masyarakat sering menemui masalah administrasi kependudukan ketika mengurus sesuatu. Masalah sering timbul karena data kependudukan seperti KK dan KTP tidak valid. Karena itu Kampung Setia Bakti memprogramkan verifikasi KK dan KTP supaya semua urusan administrasi beres. Jika data penduduk masih kurang maka segera dilengkapi.

Verifikasi data kependudukan merupakan upaya memenuhi validitas data online. Jika data KK dan KTP tidak sesuai data online otomatis langsung tertolak. Penolakan ini berakibat urusan masyarakat tertunda atau bahkan batal sama sekali. Kasus terbanyak adalah data KK dan KTP tidak akurat karena perubahan status keluarga dan kesalahan penulisan.

Toha, warga Dusun 4 Kampung Setia Bakti, mengaku sangat setuju atas program kepala kampung baru berupa verifikasi data KK dan KTP. Jika data kependudukan sudah valid, masyarakat mudah berurusan dengan pemerintah.

Suyani, warga RT 16 Dusun 4, membenarkan segala urusan dengan pemerintah menjadi sulit jika data KK dan KTP tidak valid. Masyarakat merasa senang dengan program kepala kampung baru dengan tujuan ketertiban dan validitas administrasi kependudukan.

MUHAMMAD FARID


0 komentar:

Posting Komentar