Makam Petinggi Belanda Ditemukan di Tulangbawang Barat

TULANGBAWANG UDIK (8/12/2022) -  Warga Tiyuh Gedung Ratu, Tulangbawang Udik, Tulangbawang Barat, menemukan makam petinggi Belanda bernama O.L. Helfrich, dan diduga Residen Jambi pertama, yang diangkat oleh Gubernur Jenderal Belanda pada 4 Mei 1906.

Meskipun sudah banyak diketahui dari cerita warga sekitar, makam petinggi Belanda tersebut ditemukan oleh warga pada Rabu, 9 November 2022 yang lalu di tengah sebuah perkebunan singkong di Tiyuh Gedung Ratu.

Makam diduga Residen Jambi pertama  itu berukuran 2 kali 1 meter, yang terbuat dari tumpukan batu yang sudah direkat, dan selama ini terkubur di lahan perkebunan penduduk, namun sering menjadi cerita turun-temurun.

Selain diduga Residen Jambi pertama, nama O.L. Helfrich juga tercantum sebagai pembuat peta wilayah daerah Tulangbawang Barat pada Tahun 1916.

Juru Tulis Tiyuh Gedung Ratu, Agus Mutarom, Kamis 9 Desember 2022, mengatakan pihaknya sudah menyurati Kedutaan Belanda di Jakarta atas penemuan makam tersebut dan meminta restu dari Pemerintah Kabupaten untuk dijadikan cagar budaya.

FATHUL M EFENDI

0 comments:

Posting Komentar