Mobil Pisang Terjungkal saat Masuk Kapal di Bakauheni

BAKAUHENI (6/12/2022) – Sebuah mobil pikap L300 pengangkut pisang jungkir balik saat masuk kapal roro Portlink 3 di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Selasa 6 Desember 2022 pukul 09.00 WIB. Mobil tidak kuat menanjak jembatan akibat keberatan muatan.

Mobil L300 merah dengan pelat nomor polisi BE 8928 RM dikemudikan Sarmudi, 23 tahun, dan kernet Agung, 23 tahun, keduanya warga Desa Pauh, Kecamatan Margapunduh, Pesawaran. Kendaraan mengangkut pisang dari Wayratai, Pesawaran, menuju Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Giliran masuk kapal, mobil L300 dengan muatan 3,8 ton pisang tidak kuat menanjak. Sopir menginjak rem tetapi bodi depan terangkat karena beban tertarik ke belakang. Kendaraan jungkir balik hingga mjuatan tumpah berhamburan.

Posisi mobil terbalik menghalangi proses bongkar muat kapal. Mobil didorong beramai-ramai oleh awak kapal, aparat kepolisian, dan para sopir. Proses evakuasi dilanjutkan pemindahan muatan pisang ke mobil sejenis guna melanjutkan pengiriman ke Jakarta.

Insiden jungkir balik mengakibatkan kepala L300 melesak dan kaca depan pecah. Sementara awak kendaraan tidak mengalami luka meski sempat terbalik.

Pengurus penyeberangan mobil pisang, Dedi, menjelaskan insiden mobil terbalik karena tidak kuat menanjak. Sopir mengerem dengan maksud menahan supaya tidak mundur tetapi kapal kebetulan bergoyang sehingga kendaraan terangkat dan jungkir balik ke belakang.

ROY SHANDI

0 comments:

Posting Komentar