Naik Pohon Setinggi 15 Meter Hindari Amukan Gajah di Suoh

SUOH (4/12/2022) -  Sejumlah satgas dan relawan, termasuk Sugeng Hari Kinaryo, anggota DPRD Lampung Barat, terpaksa sering memanjat pohon setinggi 8 hingga 15 meter dalam sepekan terakhir, karena 18 kawanan gajah makin agresif masuk permukiman warga.

Dalam rekaman video tim satgas dan relawan, menyelamatkan diri naik pohon setinggi 15 meter kerap berlangsung mendadak, sehingga mereka tidak memakai tali atau peralatan pengaman. Mereka juga sering berjam-jam di atas pohon, menunggu gajah bergerak ke lokasi lain.

Setelah sempat kembali ke hutan, 18 kawanan gajah masuk Pekon Gunung Ratu, Bandarnegeri Suoh empat hari lalu, dan nyaris menyasar sebuah swalayan di sana pukul 03.00 subuh. Setelah diblokade, kawanan gajah bergerak ke Pemangku Kalibata.

Saat kawanan gajah masuk masuk ke Pasir Kuning dan hendak mandi di Danau Asam, satgas dan relawan terpaksa memandu kawanan gajah, karena bisa terperosok ke Kawah Nirwana, yang kedalamannya puluhan meter.

Sugeng Hari Kinaryo, anggota DPRD Lampung Barat, mengatakan gajah datang ke permukiman dan persawahan nyaris tidak bisa dipreksi dan semakin beringas. Satu-satunya cara yang dilakukan tim satgas dan relawan terus memantau pergerakan hewan itu agar tidak mendekati permukiman.

Anggota DPRD Lampung Barat itu mengatakan bantuan petasan dan mercon yang diberikan BPBD dan dinas terkait di Pemkab Lampung Barat mulai habis. Untuk sementara, satgas dan relawan hanya memakai cara itu mengusir gajah tidak masuk ke permukiman.

LILIANA PARAMITA 

0 comments:

Posting Komentar