Wisata Unik Islamic Center Tulangbawang Barat

PANARAGAN (30/12/2022) – Momentum jelang tahun baru mendorong banyak wisatawan mengunjungi  Islamic Center Tulangbawang Barat di Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah. Kompleks ini memiliki daya tarik masjid megah dan unik, Sesat Agung Bumi Gayo serta danau dan taman indah.

Pengunjung Islamic Center datang silih berganti, Kamis 29 Desember 2022. Warga seputar Panaragan Jaya menghabiskan waktu sejak pagi. Keluarga dan rombongan wisatawan asal Bandarlampung, Metro, dan sejumlah kabupaten ramai menjelang tengah hari. Ada juga pemudik Sumatera mampir dalam perjalanan kembali ke Jawa.

Wisatawan bersantai sekaligus menikmati keunikan Masjid Baitu Shobur. Bangunan ini merupakan salah satu kompleks termegah di Lampung.  Lebih dikenal sebagai Masjid 99 Cahaya atau Masjid Asmaul Husna dengan arsitektur berbeda dari kebanyakan masjid di Indonesia.

Masjid terbangun vertikal dan tidak memiliki menara dan kubah. Masjid Baitu Shobur memiliki makna tempat orang yang sabar. Masjid 99 Cahaya mengandung filosofi ukuran 34×34 meter diambil dari jumlah sujud sholat wajib . Masjid ditopang 114 pilar beton melambangkan surat dari kitab suci Alquran.

Kebanyakan masjid memiliki kubah bulat. Sedangkan kubah Masjdi Baitu Shobur berbentuk persegi lima melambangkan sholat wajib. Tinggi masjid 30 meter memiliki arti jumlah juz Alquran.

Wisatawan juga melihat rumah adat Lampung bernama Sesat Agung Bumi Gayo. Bangunan ini menggabungkan empat rumah besar bermakna Empat Marga Besar. Sesat Agung Bumi Gayo dengan lima rumah besar bermakna menaungi transmigrasi dari lima pulau besar di Indonesia, bersatu dan berbaur menjadi satu atap.

Sekitar komplesk masjid terdapat danau buatan dan taman indah. Danau bertabur ikan hias dan taman asri dengan suasana menyegarkan. Wisatawan berkunjung ke Islamic Center Tulangbawang Barat karena penasaran. Destinasi ini berbeda dengan daerah lain, pemandangan bagus, kolam sejuk banyak ikan dan membuat pengujung nyaman.

FATUL MAGHORIBI

0 comments:

Posting Komentar