4.000 Umat Bali Hadiri Puncak Acara Ngetek Linggih Lampung

SEPUTIH BANYAK (9/1/2023) -  Pura Catur Prahyangan Maha Gatra Pasek Sanak Sapta Rsi  atau MGPSSR menggelar puncak acara agama Hindu Ngetek Linggih di Kampung Suwasti Buana, Seputih Banyak, Lampung Tengah, dari pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore, Senin, 9 Januari 2023.

Digelar sejak 19 Desember 2022 yang lalu, di antaranya peresmian pura oleh Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Tengah, puncak Ngetek Linggih dihadiri Ketua Maha Gatra Pusat,  Ketua Maha Gatra Lampung Drs. I. Made Bagiarse, Ketua Panitia Gede Raja Suwita, Kepala Kampung Suwasti Buana Rimbawe, dan seluruh Ketua Hindu Bali se Lampung.

Ketua Panitia Gede Raja Suwita mengatakan puncak acara Ngetek Linggih setidaknya dihadiri 4.000 warga Hindu dari seluruh Lampung, Palembang, dan daerah sekitarnya.

Gede Raja Suwita menbatakan Pure Pasek Maha Gotre Provinsi Lampung merupakan Pure  Persimpangan Empat Pilar, Pure di Bali Persimpangan, Pure Munduk Dawe, Pure Siliuti, Pure  Besakih, dan Pure Grigel.

Drs. I Made Bagiarse, Ketua Maha Gatra Lampung, menyebut  MGPSSR ini Pura Terbesar di Lampung. Menjadi perwakilan Empat Pure di Bali yang dibangun di Lampung dan 85 persen umatnya dari Pure Pasek.

Setelah diresmikan Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Tengah, I. Made Bagiarse mengharapkan pura tersebut menjadi lokasi wisata agama di Lampung.

MUHAMMAD FARID

0 comments:

Posting Komentar