Perayaan Malam Tahun Baru Imlek Meriah di Bandarlampung

BANDARLAMPUNG (22/1/2023) -  Penyambutan Tahun Baru Imlek 2574 berlangsung meriah di Bandarlampung pada malam Minggu, 21 Januari 2023. Selain kegiatan sembahyang di 10 vihara, atraksi barongsai dan pesta kembang api disaksikan ribuan orang di Vihara Thay Hin Bio dan Dharma Bakti.

Start mulai pukul 16.00 sore dan berakhir pada Minggu Dinihari, 22 Januari 2022, penyambutan Tahun Baru bershio Kelinci diawali oleh warga Tionghowa di Bandarlampung, dengan melaksanakan sembahyang ke vihara masing-masing.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, vihara paling ramai didatangi Thay Hin Bio di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandarlampung. Tak jauh dari sana, Vihara Yayasan Dharma Bhakti juga ramai dikunjungi.

Selepas pukul 19.00, masyarakat Tionghwa dan warga sekitar mulai bersatu. Jalan Ikan Kakap pun ditutup, hanya diperkenankan untuk pejalan kaki. Lampu Lampion berwarna merah menerangi sepanjang jalan di sana.

Dengan berjalan kaki, warga Tionghwa memasuki vihara, juga dengan pakaian serba merah. Mereka masuk ke dalam vihara, menyalakan lilin, dan bersembahyang.

Tahun Baru kali ini juga diwarnai penyambutan tamu oleh Koko dan Cici Lampung atau perkumpulan remaja asal Tionghwa. Mereka memakai seragam merah dan selendang putih, dengan tulisan berwarna merah.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Kapolda, Danrem, Danlanal, Kajati, dan Forkopimda lainnya juga mengunjungi vihara Thay Hin Bio pukul 21.00. Ia disambut oleh tokoh vihara. Hadir juga di sana tokoh masyarakat Tionghwa, seperti Alay.

Sekitar pukul 23.00 malam atraksi Barongsai pun dimulai. Warga Tionghowa dan Bandarlampung bersatu menyaksikannya. Banyak dari mereka yang naik ke atas gedung. Jalan Ikan Kakap dipadati oleh ribuan penonton.

Puncak acara berlangsung pada pergantian hari. Dua vihara, Thay Hin Bio dan Dharma Bakti melontarkan kembang api ke udara, yang disambut dengan tepuk tangan oleh warga yang hadir di area sekitar.

Ketua Koko Cici Lampung,  Cici Feberlianita, mengatakan warga Tionghwa antusias menyambut Tahun Baru Imlek karena tidak bisa merayakan selama pandemi covid-19. Ia berharap Tahun Kelinci kali ini mempererat tali persaudaraan umat.

Elda Buana, Pengurus Yayasan Dharma Bakti, mengatakan, untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, sejumlah vihara bekerja sama, terutama penyalaan kembang api, hingga tampak beradu di udara menjelang dinihari.

Kapolsek Teluk Betung Selatan Kompol Adit Priyanto menyebut mengerahkan minimal 15 personal di setiap vihara dan 75 petugas di Vihara Thay Hin Bio. Anggota bertugas terdiri dari Polsek, Polresta, Polda, dan TNI.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan ia sengaja menghadiri malam Tahun Baru Imlek bersama Forkopimda untuk memperlihatkan keberagaman beragama berlangsung baik di Provinsi Lampung.

ARI IRAWAN

0 comments:

Posting Komentar