Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Bedah Rumah

GUNUNGALIP (13/2/2023) – Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyerahkan bantuan bedah rumah tidak layak huni dan sembako di Pekon Kedaloman, Kecamatan Gunungalip, Senin 13 Februari 2023. Anggaran bedah rumah sebesar Rp15 juta.

Penyerahan bantuan didampingi Camat Gunungalip M Ilham, Ketua Baznas Tanggamus Ibnu Nizar, dan Kepala Pekon Kedaloman Torison. Program bedah rumah tidak layak huni merupakan kerjasama Pemkab Tanggamus dan Baznas. Anggaran berasal dari zakat PNS.

Penerima bedah rumah, Sarmin, layak mendapatkan bantuan berdasarkan survei Baznas. Rumahnya berdinding geribik tidak layak huni dengan kondisi hampir roboh. Ia bersama lima warga Pekon Kedaloman juga menerima bantuan paket sembako berisi beras, minyak goreng, dan telur.

Dewi Handajani berharap program bedah rumah membantu warga miskin dengan kondisi rumah tidak layak huni. Warga berhak mendapatkan tempat tinggal layak, sehat, dan nyaman.

Pemkab Tanggamus menyerahkan pengelolaan dana zakat kepada Baznas dalam bentuk berbagai program yaitu bedah rumah, bantuan sembako, dan lain-lain. Bupati juga mengetuk warga kalangan mampu berpartisipasi membayar zakat harta guna disalurkan kepada warga miskin.

Ketua Baznas Tanggamus Ibnu Nizar menyebut bedah rumah tidak layak huni sebagai program sosial kemanusiaan. Sarmin layak mendapatkan bantuan. Ia tergolong miskin dan tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup. Penetapan bantuan berdasarkan survei dan skala prioritas.

Realisasi bedah rumah berkoordinasi dengan kepala pekon. Baznas menunjuk koordinator tukang dan pembelanjaan material bangunan. Proses bedah rumah maksimal satu bulan.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Posting Komentar