Kamis, 03 Februari 2022

Harga Turun, Minyak Goreng di Tulangbawang Langka

MENGGALA (03/02/2022) – Stok minyak goreng di pasaran Menggala, Tulangbawang, langka selama lima hari terakhir. Kekosongan pasokan kebutuhan pokok ini bertepatan dengan penurunan harga dari Rp20 ribu menjadi Rp14 ribu per liter.

Harga minyak goreng Rp14.000 baru berlaku di toko retail modern. Meski harga turun, tak kurang 10 toko retail mengalami kekosongan stok.  Konsumen berburu minyak goreng kemasan maupun curah ke pasar tradisional. Ketersediaan jenis sembako ini juga langka.

Pedagang gorengan bingung membeli minyak goreng sampai hari ini, Kamis 3 Februari 2022. Pencarian ke lima toko retail seputar Menggala tidak tersedia. Rak dan etalase pedagang pasar dan toko kelontongan kosong sama sekali.

Karyawan toko membenarkan kelangkaan minyak goreng kemasan satu maupun dua liter. Stok kosong karena pasokan dan distribusi terhambat. Penurunan harga dari Rp20.000 menjadi Rp14.000 mempercepat kelangkaan pasokan.

Pemerintah memberlakukan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter sejak 19 Januari guna menjamin ketersediaan stok dengan harga terjangkau. Minyak goreng kemasan premium maupun kemasan sederhana dijual setara guna memenuhi kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil.

MAULANA IBRAHIM

0 komentar:

Posting Komentar