Sabtu, 16 Januari 2021

Gempa Lagi di Lampung: Tanggamus Paling Terasa

BANDARLAMPUNG (16/1/2021) - Gempa kembali terjadi di Lampung dengan 5,4 SR pukul 16.26, Sabtu 16 Januari 2021. Getarannya membuat panik warga Gisting dan Wonosobo, Tanggamus. Terasa di Liwa, relatif tak diketahui di Bandarlampung.

Di Wonosobo, Tanggamus, warga berhamburan keluar saat gempa, terutama melihat lampu bergoyang. Di Gisting warga merasakan gempa hingga 5 detik. Banyak dari masyarakat berhamburan ke luar.

Edi Priyanto dan Marsiyah, warga Wonosobo, mengatakan mereka berhamburan ke luar rumah karena ngeri melihat dampak gempa di Sulawesi. Sedangkan Arif, warga Gisting, menyebut panik karena getaran cukup keras.

Dani, warga Liwa, juga merasakan gempa. Karena sering merasakan getaran, penduduk di sana kebanyakan tidak terlalu menggubris. Namun melihat berita tentang posisinya di Pesisir Barat, sebagian warga keluar rumah.

Gempa yang berpusat di Pesisir Barat itu tak terasa di kabupaten terkait. Warga Tembakak dan Pulau Pisang menyebut tidak merasakan gempa sama sekali.

Maidar, kepala BPBD Lampung Barat, dan Teguh Budiman, pengamat Meteorologi dan Geofisika Kotabumi, mengatakan gempa Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 16.26.43 WIB  terjadi pada koordinat 6,49 LS dan 103,82 BT, 145 km arah Selatan Kota Krui,  Pesisir Barat, Lampung, dengan kedalaman 43 km. 

Guncangan terasa di Liwa, Pesawaran, Tanggamus, Bandar Lampung dengan getaran II-III MMI, seperti truk lewat. Keduanya memastikan gempa tidak berportensi tsunami.

HARDI, AFNAN, LILIANA, YUAN, ADI SUSANTO

0 komentar:

Posting Komentar