Rabu, 17 Agustus 2022

Jelang HUT RI, 18 Gajah Datangi Lagi Permukiman di Suoh

BANDARNEGERI SUOH (16/8/2022) -  Seperti Tahun 2021, kebiasaan gajah masuk ke permukiman penduduk menjelang HUT RI kembali terulang, Selasa, 16 Agustus 2022. Setidaknya 18 hewan mamalia itu kini berada di perkebunan warga di atas Peninjauan, Pekon Bumi Hantatai, Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat.

Sugeng Hari Kinaryo Adi, anggota DPRD Komisi I Dapil Suoh, mengatakan ia dan bersama seluruh instansi terkait, sedang berusaha mengusir gajah agar tidak ikut-ikutan merayakan HUT RI di permukiman, seperti tahun lalu.

Dalam setengah bulan terakhir, kawanan gajah mengusik kenyaman masyarakat di tiga pekon. Awalnya, Hewan mamalia tersebut masuk ke Tuguratu, singgah di Sumber Agung selama tiga hari, bergeser ke Pinginsari, juga tiga hari, kembali melintasi Sukamarga, menuju Bumi Hantatai.

Anggota DPRD Lampung Barat itu mengatakan ke-18 gajah sempat berada dalam jarak 1 kilometer dari Pasar Peninjauan, Pekon Bumi Hantatai, Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat, sebelum diusir Tim Satgas masuk ke hutan di daerah Curup Gading.

Dalam video yang direkam oleh Sugeng, tim penanganan gajah Lampung Barat berusaha mengusir dengan melepaskan tembakan dari jarak 4 kilometer.  Tim yang terlibat antara lain TNBBS Suoh, Mitra Repong, WCS, dan para relawan.

Wakil Rakyat itu mengatakan ke-18 kawanan gajah terus-menerus masuk ke permukiman karena kekurangan  stok makanan di habitatnya. Bersama tim yang lain, mereka kini sedang berupaya menyebar pakan di tujuh titik, yang tersebar di tiga pekon.

Sugeng juga menyebut pihaknya sudah melatih satgas dari masyarakat di Pekon Tugu Ratu, Bumi Hantatai dan Sukamarga, untuk mencegah kawanan gajah masuk ke permukiman.

LILIANA PARAMITA 

1 komentar: