Rabu, 07 September 2022

Di Sukadana, Harga Eceran Pertalite Jadi 13 Ribu Per Liter

SUKADANA (6/9/2022) -  Kenaikan harga BBM sejak Sabtu, 3 Agustus 2022, membuat harga eceran bahan bakar minyak di Lampung Timur serta merta naik. Harga pertalite kini  12 hingga 13 ribu, Pertamax 16 hingga 17 ribu, solar 9 ribu, meski di SPBU 10 ribu, 14.500, dan 6.800 per liter, setelah kenaikan.

Para pedagang BBM eceran di Sukadana, Ibu Kota Kabupaten Lampung Timur, menyebut setidaknya tiga alasan menetapkan harga pertalite menjadi 12-13 ribu dan Pertamax 16-17 ribu per liter.

Yang pertama, para pedagang mulai kesulitan memperoleh stok karena adanya ketentuan barcode. Yang kedua, sebagai pedagang, mereka menetapkan margin 2 ribu rupiah dari tiap liter. Yang ketiga, harga ditetapkan lebih untuk penyesuaian harga-harga barang, yang juga serta merta naik.

Para pedagang eceran BBM umumnya menyebut mereka tidak enak hati menaikkan harga. Namun, tanpa margin, mereka tidak memperoleh keuntungan, apalagi daya beli menurun jauh setelah Pemerintah memutuskan kenaikan.

Para pengawas SPBU di sekitar Sukadana mengetahui harga eceran lebih mahal. Mereka melihatnya akibat dari tidak terpenuhinya stok untuk 24 jam, sehingga jika persediaan habis, warga akan membeli di pedagang eceran.

FAHROZI NAZAM

0 komentar:

Posting Komentar