Mahasiswa Lampung Minta Usut Pelanggaran HAM PT AMNT

BANDARLAMPUNG (30/12/2022) – Aliansi Mahasiswa Lampung mendesak pengusutan dugaan pelanggaran hak azasi manusia (HAM) oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Tuntutan disampaikan Aliansi Mahasiswa Lampung dalam unjuk rasa di depan gerbang Unila, Jumat 30 Desember 2022 pukul 15.00 WIB. Aksi damai ini melibatkan mahasiswa Polinela, Darmajaya, Saburai, STKIP, dan BEM Nusantara Lampung.

Mahasiswa berunjuk rasa sebagai bentuk solidaritas terhadap aksi mogok makan mahasiswa dan warga Kabupaten Sumbawa Barat (Amanat KSB) di Komnas HAM sejak 13 Desember 2022.

Aksi dimulai dengan corat-coret foto pejabat PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan orasi. Aliansi Mahasiswa Lampung mengecam dugaan pelanggaran HAM oleh perusahaan tambang tersebut. Perusahaan juga diduga melakukan kejahatan korporatif atas jatuhnya korban nyawa maupun hilangnya karyawan.

Pengunjukrasa mendesak penutupan tambang PT Amman Mineral Nusa Tenggara atas dugaan pencemaran lingkungan karena membuang limbah merkuri ke laut. Perusahaan juga dituding merampas tanah warga hingga manipulasi dan korupsi dana CSR.

Koordinator Aliansi mahasiswa Lampung Ari Yolanda menggelar aksi solidaritas atas dugaan pelanggaran HAM di Nusa Tenggara Barat. Aksi ini juga mendukung mogok makan 17 mahassiwa dan warga Sumbawa Barat. Mahasiswa mendesak Komnas HAM membentuk tim guna mengusut dugaan pelanggaran HAM PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar