Rumah Geribik Pra-Kemerdekaan Roboh di Pringsewu

PRINGSEWU (26/12/2022) -  Rumah seorang kakek kelahiran Tahun 1935 atau prakemerdekaan roboh di RT 1 RW 1, Dusun Jati Renggo, Pekon Waluyo Jati, Pringsewu, pukul 08.00, Senin, 26 Desember 2022. Penghuni selamat, tetapi bangunan berukuran 6 kali 9 tersebut tidak bisa dihuni lagi.

Terbuat dari material geribik, kayu, dan sebagian permanen, Mbah Suparman, pria berusia 87 tahun, kini mengungsi di rumah anak-anaknya. Ia tampak shock saat kerabat dan warga bergotong royong membersihkan reruntuhan rumah kebanggaannya.

Sebagaimana banyak orang tua yang lain, Pria berusia 87 tahun tersebut tinggal sendiri di rumah tersebut. Meski isterinya sudah lama meninggal, ia, seperti, tak ingin merepotkan anak dan cucu-cucunya.

Agus Purnomo, kepala BPBD Pringsewu, bersama TNI dan aparat kepala pekon setempat, meninjau lokasi menjelang siang. Ia melihat rumah roboh karena faktor usia, dengan momentum angin kencang, yang sedang musim belakangan ini.

Gunawan, Kepala Pekon Waluyo Jati, mengatakan ia berjanji akan memfasilitasi pembangunan rumah mbah yang sudah mendekati usia 90 tahun itu, dengan swadaya dan melaporkannya ke pihak terkait di Pemkab Pringsewu.

PIYAN AGUNG

0 comments:

Posting Komentar