Yang Berubah di Sinar Jati Pesawaran Tiga Tahun Terakhir

TEGINENENG (23/1/2023) -  Tiga tahun ditangani Atin Prayitno, berbagai perubahan terus terjadi di Desa Sinar Jati, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran. Salah satu kebijakannya pada Tahun 2022, membuat jalan tani, dan berencana memperluasnya pada Tahun 2023.

Berpenduduk 1.423 jiwa dan mendiami lahan seluas 718 hektare, umumnya warga Sinar Jati hidup dengan Bertani. Atin Prayitno memilih memprioritaskan jalan tani agar warga lebih mudah mengangkut hasil pertanian ke pasar.

Kislam, seorang petani setempat, mengatakan, jalan tani membuat petani lebih cepat dan efisien menggarap lahan dan mengangkut hasilnya. Apalagi jalan tani yang dibangun mencapai pelosok dusun.

Selain membuka jalan tani sepanjang 1 kilometer, Atin Prayitno juga membagikan bibit ikan kepada bumdes, yang membangun kolam ikan pada Tahun 2022. 

Setahun sebelumnya, Kades Desa Sinar Jati  juga membangun talut jalan sawah menuju Dusun 4 Sinar Mulya,  Dusun 1 Sinar Jati, dan Dusun 5 Karang Rejo. Sedangkan pada Tahun 2020, membangun talut jalan di Dusun 1 Sinar Jati.

Karena terkenal dengan daerah susah air, Desa Sinar Jati juga memperhatikan pengadaan air bersih, dengan membangun sumur bor dalam tiga tahun berturut-turut, mulai dari Dusun 3 Sungai Kering pada Tahun 2020, di Dusun 2 Srirezeki dan Dusun 3 Sungai Kering pada tahun 2021, dan sumur bor sekitar Balai Desa pada Tahun 2022.

Infrasruktur lain yang terbangun selama tiga tahun,  terdiri dari Paving Blok Balai Desa dan Puskesdes, dan jalan menuju Dusun 4 Sinar Mulya,

Haji Sudarman, tokoh masyarakat Sinar Jati, melihat banyak perubahan di desanya selama tiga tahun terakhir sejak ditangani Atin Prayitno. Ia mengharapkan kepala desa terus membangun fasilitas infrastruktur yang diperlukan warga.

Terpilih pada Tahun 2020 saat pandemi covid-19 melanda seluruh dunia, Atin Prayitno tidak bisa hanya konsentrasi membangun infrasrtuktur. Sesuai kebijakan Pemerintah, ia harus membagi Dana Desa untuk penangangan pandemi dan bantuan sosial uang tunai.

Untuk Tahun 2022 Desa Sinar Jati memberikan 300 ribu rupiah perbulan bagi 82 KPM selama 1 tahun. Atin Prayitno juga membangun Gardu Covid untuk mengontrol penyakit dari warga luar ke desa saat pandemi pada puncaknya.

Fitra Romansa, seorang penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, mengatakan bansos ia terima sesuai dengan nilainya. Ia juga melihat penerima sudah hasil seleksi dari para pamong agar tidak berbenturan dengan bansos lain.

Atas permintaan warga, Desa Sinar Jati juga kini memiliki jaringan internet tersendiri agarnya wifinya bisa dinikmati warga. Pembangunan fasilitas ini berlangsung pada Tahun 2021.

Desa Sinar Jati juga memperhatikan kualitas SDM pamong, dengan berulang kali memberi pelatihan kepada aparat pemerintah desa, lembaga desa, linmas, BPD, kader posyandu, KPM,  dan PKK.

Dengan berbagai kemajuan pembangunan tersebut, Atin Prayitno memperoleh penghargaan graduasi terbaik Tahun 2022 dari Bupati Pesawaran, yang diserahkan langsung oleh Dendi Ramadhona.

Menjabat hingga Tahun 2025, Atin Prayitno mengharapkan warga iku berpartisipasi dalam membangun Sinar Jati, Selain ingin terus membangun jalan tani, peternakan ikan, ia juga mulai tertarik memberikan sarana tanaman hidroponik kepada warga, dan pembagian bibit alpukat.

PIYAN AGUNG

0 comments:

Posting Komentar