H Plus 3 Lebaran: Jalinsum Lampung Tengah Macet 2 KM

GUNUNGSUGIH (14/4/2024) -  Arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera Ruas Gunungsugih hingga Seputih Jaya macet dua kilometer pada Minggu, 14 April 2024. Warga dari berbagai daerah, tampaknya, memilih H plus 3 untuk bersilaturahmi Lebaran.

Selama dua jam itu, kendaraan hanya bisa maju dalam waktu per sepuluh menit, dan kemudian macet lagi setelah berjalan beberapa meter. Pengendara sepeda motor pun susah mencari ruang untuk menembus ke depan.

Kemacetan terutama terjadi pertigaan samping Kantor Bupati, Simpang Padangratu, Simpang Tugu Pepadun, dan Jembatan Way Seputih. Kendaraan keluar dan masuk dari pertigaan dan perempatan tersebut adu cepat masuk Jalan Lintas Sumatera.

Karena terjadi pada setiap Lebaran, warga yang naik mobil pribadi, sepertinya memilih menutup kaca rapat-rapat, memasang ac untuk mendinginkan suhu di kendaraan masing-masing . Cuaca yang cukup terik membuat hawa menjadi panas.

Sumedi, pengemudi Colt Diesel yang berasal dari Pringsewu, mengatakan ia memilih pasrah melihat kemacetan, karena tidak mengetahui berapa panjang kemacetan dan akan berakhir pada jam berapa. Saat itu ia masuk lingkaran kemacetan sudah setengah jam.

Daden, warga Terbanggi Subing, Gunung Sugih, yang hendak berlebaran ke Kotagajah, Lampung Tengah, mengatakan kemacetan di kawasan itu terjadi sejak pukul 10.00 dan belum bisa terurai hingga pukul 12.00 siang.

Beberapa pengemudi mobil pun tampak ada yang menyingkir dari Jalan Lintas Sumatera untuk menunaikan shalat Zuhur. Mereka khawatir kemacetan akan lebih lama, sehingga waktu shalat mepet dengan Ashar.

SIGIT SANTOSO

0 comments:

Posting Komentar