Warga Sekitar Waykiri-Waykanan Diminta Waspada


TULANGBAWANG BARAT (21/2/2019) – Warga yang tinggal di pinggir bantaran sungai Waykanan dan Waykiri diminta waspada. Sebab, potensi banjir masih akan terus berlanjut seiring dengan curah hujan yang tinggi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tulang Bawang Barat mengimbau kepada masyarakat melalui banner, baik penguna jalan maupun masyarakat yang berdomisil dekat aliran sungai untuk selalu waspada.

Aluwan, Kepala pelaksana BPBD Tulangbawang Barat di ruang kerjanya mengatakan, setiap tahun lokasi tersebut memang banjir. "Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita sudah membuat banner , himbauan agar yang melintas waspada, karena tidak menutupi kemungkinan adanya bahaya," kata Aluwan, Rabu, 20 Februari 2019.

Menurut Aluwan, langkah selanjutnya dengan melihat perkembangan, jika debit airnya semakin tinggi pastinya akan kita umumkan kemasyarakat bagi yang mempunyai perahu dan sebagainya agar bisa ikut serta membantu.  "Biasanya mereka dengan sendirinya ikut membantu, kita hanya memfasilitasi, memberikan arahan supaya masyarakat bisa waspada dan lebih berperan aktif untuk membantu," ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa BPBD kekurangan tim dan peralatan penanggulangan bencana banjir. "Cuma satu-satunya, dalam keadaaan seperti ini tidak kita turunkan, kecuali keadaan sudah darurat," jelas Aluwan.

ALIYUDIN – FATHUL MAGHORIBI

0 comments:

Posting Komentar