Tanggul Waylipang Pesawaran Jebol, Banyak Sawah Rusak


WAYKHILAU (6/1/2020) – Musim tanam padi di tiga Kecamatan Kabupaten Pesawaran dibayangi kegagalan. Hal itu setelah tanggul Waylipang, Desa Gunungsari jebol.

Akibat tanggul jebol tersebut, banyak sawah petani yang rusak parah. Bahkan tanaman padi yang sudah tumbuh rusak dan hilang diterjang banjir. Sawah di tiga kecamatan yang terancam gagal itu yakni di Kecamatan Waykhilau, Kedondong dan Waylima.

Menurut salah seorang petani, Kusnan, Senin, 6 Januari 2020, mengatakan, tanggul tersebut sudah tiga kali jebol. Namun, pemerintah kabupaten Pesawaran tidak ada perhatian kepada para petani. Pihaknya sangat berharap bupati ikut menyelesaikan permasalahan petani tersebut.

Ketua Gapoktan Gunungsari, Harno Irawan, bersama warga kemudian melakukan gotong royong agar banjir tidak masuk ke areal persawahan warga  jumlahnya ratusan hektar yang berada disepanjang aliran. 

Sejumlah petani kecewa terhadap Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona karena tidak kunjung melakukan normalisasi sungai Waylipang. Petani mendesak masalah itu segera diatasi agar petani tidak gagal panen.

IWANSYAH

0 comments:

Posting Komentar