Tarian Segok Disinjang SDN 1 Purajaya Pukau GSMS Lampung Barat

LIWA (30/11/2020) – Tarian Segok Disinjang yang diperagakan SDN 1 Purajaya, Kecamatan Kebontebu, Kabupaten Lampung Barat memukau kegiatan Gerakan Seniman Masuk sekolah atau GSMS di GOR Aji Saka, Senin, 30 November 2020.

GSMS merupakan salah satu program dari pemerintah pusat tentang kebudayaan dan kesenian di sekolah. Kabupaten Lampung Barat mendapatkan 20 sekolah untuk SD/SMP dalam kegiatan GSMS. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, wakil bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan lainnya.

Salah satu sekolah turut serta dalam acara tersebut adalah SDN 1 Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Siswa SDN 1 Pura Jaya menampilkan tarian Segok Disinjang yang artinya anak anak bermain di dalam sarung sambil menunggu waktu untuk mengaji di sore hari. 

Bulki Basri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan GSMS ini untuk bisa mengembangkan seni dari anak-anak agar terus dilestarikan dan tidak dilupakan terutama tarian dari Lampung Barat. 

Dewi Suryani, Kepala SDN 1 Pura Jaya mengatakan bahwa dari sekolah diseleksi untuk mengikuti kegiatan GSMS ini. Diharapan kedepan seni atau kreasi anak akan terus maju dan berkembang. Dina Faradila, salah satu siswi SDN 1 Pura Jaya mengatakan senang dalam mengikuti kegiatan di GSMS, karena bisa berinteraksi dengan teman lainnya.

LILIANA PARAMITHA

0 comments:

Posting Komentar