Minggu, 08 Mei 2022

Belasan Ribu Pemudik Motor Lampung Kembali ke Jawa

BAKAUHENI (8/5/2022) -  Belasan ribu pemudik bersepeda motor kembali memenuhi Pelabuhan Bakauheni, Minggu, 8 Mei 2022.  Rata-rata dari mereka  berasal dari Provinsi Lampung dan mengejar hari kerja yang jatuh pada Senin, 9 Mei 2022 di  Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan kota sekitarnya.

Sejak pagi, arus sepeda motor dari berbagai daerah di Lampung tidak putus di Jalan Lintas Tengah dan Lintas Timur, Sumatera. 

Petugas ASDP membuat dua jalur untuk sepeda motor pada Minggu, 8 Mei 2022. Setelah setengah jam menunggu di tenda parkir, mereka diarahkan ke kapal yang khusus mengangkut roda dua ke Pelabuhan Merak.

Setelah satu jalur diberangkatkan, pengendara sepeda motor memenuhi areal parkir lagi sebelum diberangkat setengah jam kemudian. 

Seperti saat mudik dari Pulau Jawa, umumnya pemudik bersepeda motor berdua atau bertiga dengan anak. Pengendara yang sendirian membawa serta barang bawaan, yang diikat di belakang kendaraan.

Petugas ASDP Merak dan Bakauheni mencatat jumlah pemudik arus balik sepeda motor paling ramai pada Sabtu, 7 Mei 2022, yang mencapai 18 ribu, naik dari dua hari sebelumnya, 11 ribu dan delapan ribuan.

Dari ramainya pemudik bersepeda motor pada Minggu, 8 Mei 2022, jumlah ditaksir kembali mencapai belasan ribuan. Parkir yang disediakan untuk pemudik sepeda motor selalu penuh dari pagi hingga sore.

Laporan terakhir petugas ASDP Bakauheni dan Merak hingga Jumat 7 Mei 2022, pemudik bersepeda motor yang belum kembali mencapai 29 ribuan atau masih 37 persen. Persentase tertinggi dibandingkan total penumpang yang bersisa 20 persen dan pejalan kaki sekitar 30 persen.

Sejumlah pemudik bersepeda motor menyebut memilih Minggu, 8 Mei 2022, sebagai hari pulang ke tempat kerja karena mereka harus bekerja pada Senin. Rata-rata memilih sehari sebelumnya karena untuk mencukupkan waktu berlebaran bersama keluarga di kampung.

Angga, salah seorang pemudik arus balik bersepeda motor, mengatakan ia tidak mungkin menambah hari libur atau cuti. Demikian juga Muchtar, yang bekerja di Bogor dan berasal dari Bandarjaya, Lampung Tengah.

Mochtar dan Anggap menyebut lalu lintas dari kampung halaman mereka masing-masing relatif lancar pada Lebaran tahun 2022. Mereka tidak menemukan kemacetan sedikit pun di Jalan Lintas Tengah Sumatera hingga Bakauheni.

ROY SHANDI

0 komentar:

Posting Komentar