Santap Jelang Ramadhan dengan Cobek Khas Pesisir Lampung

CUKUH BALAK (23/3/2023) -  Ramadhan 1444 Hijriah sudah menginjak hari kedua, tetapi kenangan santap bersama pada Rabu, 21 Maret 2023, serasa masih membekas di lidah.

Hari itu, emak-emak di Karang Putih Karang Bebay dan Telik Tengor, lokasi wisata di Cukuh Balak, Tanggamus, berniat memasak makanan enak, untuk menyambut Ramadhan, bersama keluarga di pinggir pantai.

Agar makanan tumpas habis, emak-emak menyiapkan Cobek Bebbas, sambel dan saos khusus ikan khas Cukuh Balak.

Sambel dan saos Cobek Bebbas terbuat dari  saripati kelapa, yang dicampur dengan cabai merah dan rawit, bawang merah, kemiri, belimbing, dan wuluh rebus.

Sementara emak-emak mempersiapkan sambel dan saos, ikan diasapi di pinggir pantai. Baunya menyengat ke mana-mana, segera mengundang selera.

Setelah selesai diasapi setengah matang, ikan diolesi dengan Cobek Bebbas, yang berwarna kemerahan, karena didominasi cabai merah.

Kelar diolesi, ikan kembali diasapi hingga matang, dengan tanda-tanda saos dan sambel sudah menyatu dengan ikan, dan seluruh bagian dagingnya sudah lembut.

Setidaknya belasan orang pun mulai menyantap makan menyambut Ramadhan di pinggir pantai. Selain ikan, Cobek Bebbas, tersedia juga daun singkong, terong, petai, dan jengkol muda.

Tidak sampai sejam, makanan tumpas habis. Karena masih ada sisa Cobek Bebbas, emak-emak kembali mengasapi sejumlah ikan untuk persiapan sahur pertama.

YUNADA YAMIN

0 comments:

Posting Komentar