Puluhan Pengendara Motor Pilih Panjang untuk Arus Balik

BANDARLAMPUNG (12/4/2024) - Puluhan sepeda motor dan kendaraan pribadi memilih Pelabuhan Panjang untuk menyeberang ke Pulau Jawa, pada Jumat, 12 April 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah memutuskan menyediakan dua kapal di sini untuk rute Ciwandan, Banten.

Berangkat pukul 12.00 dan 14.00 siang, dua kapal pengangkut, KMP Panorama Nusantara dan  ALS Elivana juga menampung kendaraan pribadi. Panjang ikut melayani arus balik dari Jumat, 12 April 2024, hingga 18 April mendatang.

Umumnya warga yang memilih lewat Panjang karena bertempat tinggal di Bandarlampung, Pringsewu, dan Tanggamus.

Harun, misalnya, pemudik dari Cileungsi, Bogor, menyebut memilih Panjang karena memperpendek jalan darat 1 jam dan bisa istirahat kembali di Panjang, setelah berangkat dari Pringsewu.

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas 1 Panjang, Jece Julita Piris, mengatakan warga yang melewati Panjang bisa memesan tiket lewat aplikasi Ferizy, bisa juga manual di pintu pelabuhan.  Harga tiket roda antara 62.100 hingga 133 ribu rupiah. Sedangkan kendaraan pribadi bernilai 481.800.

Pelabuhan Panjang juga dipakai sebagai tempat berlabuh arus mudik pada 7 hingga 9 April lalu. Selama tiga kali penyeberangan, kapal mengangkut setidaknya 800 pemudik, yang umumnya naik sepeda motor dan kendaraan pribadi.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar