Tiga Ribuan Pemudik Arus Balik Berangkat dari Panjang

BANDARLAMPUNG (14/4/2023) -  Pelabuhan Panjang mulai menarik para pemudik sebagai salah satu sarana arus balik ke Pulau Jawa. Dalam tiga hari, sekitar 3.500-an pemudik, dengan sepeda motor dan roda empat, berangkat dari pelabuhan ini menuju Ciwandan, Banten.

Menurut catatan ASDP, pada hari pertama Jumat, 12 April 2024, jumlah pemudik masih 247 orang. Bertambah jadi 1.281 pemudik besok harinya, dan dua kali lipat menjadi 2.051 pada Minggu, 14 April 2024.

Kenaikan jumlah penumpang dari Pelabuhan Panjang ke Ciwandan, terutama karena pemudik diberi pilihan saat membeli tiket online. 

Dewi, misalnya, pemudik yang hendak ke Pandeglang, menyebut akhirnya memilih lewat Panjang karena berasal dari sekitar Bandarlampung.

Seperti tahun sebelumnya, Panjang juga dipromosikan oleh  Menko PMK Muhadjir Effendi, Menteri Perhubungan, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanana, Gubernur, dan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika.

Para petinggi negara dan lampung itu menyempatkan diri melihat para pengendara motor yang memilih pelabuhan Panjang, bercengkrama, dan memberikan hadiah.

Khusus Tahun 2024, para pemudik juga memperoleh nasi, mie goreng, kopi, dan ice cream gratis dari Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung  Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengatakan dapur umum didirikan beberapa hari di Panjang dan menyediakan juga di Dermaga 4, Pelabuhan Bakauheni.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar