Pj Bupati Lampung Utara Komitmen Tingkatkan Capaian

KOTABUMI (28/3/2024) – Penjabat Bupati Lampung Utara Aswarodi mengapresiasi kinerja mantan Bupati Budi Utomo dan mantan Wakil Bupati Ardian Saputra. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat meningkatkan capaian pemerintah.

Ajakan itu disampaikan Aswarodi dalam acara pisah sambut bupati dan wakil bupati Lampung Utara periode 2019—2024 di Rumah Dinas Bupati.

Kabupaten Lampung Utara menghadapi dua persoalan besar yakni pandemi covid 19 dan musibah kasus hukum terkait tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski begitu dua persoalan tersebut tidak sampai berkepanjangan. Lampung Utara sudah berangsur-angsur pulih sehingga jajaran pemerintah kembali melanjutkan program pembangunan sesuai amanat dan kepercayaan masyarakat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Lampung Utara mengalami berbagai perkembangan. Persentase penduduk miskin turun 1,24 persen dari tahun 2022 sebanyak 18,41 persen menjadi 17,17 persen pada tahun 2023.

Penurunan ini mengindikasikan tingkat kemiskinan Lampung Utara berkurang seiring dengan upaya pemerintah dalam menjaga perekonomian dan penanganan kemiskinan.

Karena itu pertumbuhan perekonomian Lampung Utara mengalami peningkatan sebesar 1,06 persen pada tahun 2022 sebesar 3,16 persen menjadi 4,22 persen pad atahun 2023.

Badan Pusat Statistik juga mencatat angka pengangguran Lampung Utara mengalami penurunan 0,42 persen pada tahun 2022 sebesar 6,15 persen menjadi 5,73 persen pada tahun 2023.

Pendapatan per kapita mengalami peningkatan 4,72 persen pada tahun 2022 sebesar Rp8.951.000 menjadi Rp9.374.000 rupiah pada tahun 2023.

Berbagai capaian perlu dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan. Karena itu Aswarodi meminta dapat diterima di Lampung Utara dalam rangka mengemban tugas sebagai penjabat bupati Lampung Utara. Ia bertekad meningkatkan capaian pemerintahan Budi Utomo-Ardian Saputra.

Penjabat Bupati merasa mendapatkan amanah besar untuk melanjutkan perjuangan tiada henti dalam rangka membangun Lampung Utara agar lebih maju dan sejahtera.

Menurut Aswarodi,  tantangan Lampung Utara semakin kompleks. Apalagi sebentar lagi melaksanakan pemilihan kepala daerah. Aspirasi masyarakat tentu terus berkembang, kerawanan yang mengarak distabilitas dan disintegrasi juga bertambah rentan.

Aswarodi mengajak jajaran Pemkab Lampung Utara, Forkopimda serta seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan sinergi guna menciptakan kondisi aman demi kemajuan dan kesejahteraan.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar