BMKG Himbau Warga Lampung Utara Waspada Angin Kencang


KOTABUMI (14/11/2019) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotabumi mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi angina kencang menjelang pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

Menurut BMKG, awal musim hujan pada tahun 2019 hingga 2020 di Provinsi Lampung mengalami mundur dari prediksi normalnya yaitu berkisar satu hingga enam dasarian atau sepuluh hingga enam puluh hari. Untuk Provinsi Lampung awal memasuki musim penghujan secara umum yaitu sejak bulan oktober dan november. Namun, puncak dari musim hujan tersebut diprediksi akan berlangsung pada bulan Januari 2020.

Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan dinamika atmosfer yang meyebabkan suhu permukaan laut masih dibawah normal dan pergerakan angin masih aktif. Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Kotabumi, Agung Setyadi, Kamis, 14 November 2019, mengatakan pada musim peralihan atau pancaroba saat ini yang perlu diwaspadai adalah angin kencang dan puting beliung.

Biasanya cuaca tersebut berlangsung pada sore hari, terjadinya puting beliung itu sendiri biasanya ditandai dengan berkumpulnya awan rendah atau awan cumulus yang tebal. Agung juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati terutama bagi warga yang memang perumahannya mendekati pohon-pohon besar.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar