Muslim Uighur Bantu Bangun Masjid di Lampung Selatan

RAJABASA (27/11/2019) - Turkistan Timur atau dikenal Uighur membantu pembangunan masjid di daerah yang pernah terkena bencana tsunami, di Kabupaten Lampung Selatan. Masjid bernama Turkistan Timur Syekh Muhammad Salih Nurussa’Adah, terletak di Desa Waymuli, Kecamatan Rajabasa.

Peresmian dilakukan Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur Seyit Tumturk dan Dewan Pembina ACT Syuhelmaidi Syukur, Rabu 27 November 2019. Dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Burhanuddin, dan aparat kecamatan serta desa setempat. 

Dewan Pembina ACT Syuhelmaidi Syukur mengatakan, kehadiran Seyit Tumturk merupakan tamu istimewa yang sedang merasakan penderitaan karena dikuasai negara lain. Seyit Tumturk tahun lalu datang ke Indonesia untuk mendapatkan dukungan terhadap Suku Uighur yang tidak mendapatkan kebebasan beragama. 

Seyit Tumturk saat itu melihat langsung kondisi bencana dan menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Persahabatan Indonesia dan Turkistan Timur (Uighur). Bantuan tersebut menggambarkan umat Islam bersatu dan membantu tanpa melihat apapun sukunya.

GELLY

0 comments:

Posting Komentar