Monday, May 18, 2020

Corona Belum Reda, Gubernur Lampung Imbau Salat Ied di Rumah

TELUKBETUNG (18/5/2020) - Pemerintah Provinsi Lampung minta masyarakat salat Idul Fitri tahun ini dilakukan di rumah, sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Situasi saat ini belum memungkinkan mengadakan kegiatan melibatkan banyak orang karena wabah belum mereda.

Hal itu dikatakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat berdialog dengan berbagai pihak, di kantor gubernur, Senin, 18 Mei 2020. Acara dihadiri juga wakil gubernur, kapolda, wakil Majelis Ulama Indonesia Lampung, perguruan tinggi, pers.

Arinal mengatakan, pihaknya telah melakukan video conference bersama menteri agama, menteri politik hukum dan HAM, menteri Dalam Negeri, kapolri, panglima TNI, dan gubernur se-Indonesia beserta jajaran membahas salat ied di rumah masing-masing.

Salat ied di rumah karena saat ini darurat kesehatan. Salat wajib, salat jumat, salat tarawih bisa di rumah masing-masing. 

Wakil Ketua MUI Lampung Bukhori Muslim mengatakan, salat bisa dilakukan di rumah dan MUI telah mengeluarkan fatwa ibadah saat Covid-19. 

Salat di rumah lebih baik guna menghindari dampak tidak diinginkan terutama berkumpulnya banyak orang. Masjid besar di Bandarlampung seperti Al Furqon juga tidak melaksanakan salat Idulfitri berjamaah. Demikian pula Masjid Islamic Center dan masjid-masjid besar lainnya.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Post a Comment