Rabu, 09 Juni 2021

SD Ulu Semong Tanggamus 23 Tahun Minus Ruang Kelas

ULUBELU (09/06/2021) – SD Negeri 1 Ulu Semong, Kecamatan Ulubelu, Tanggamus, sudah berdiri 23 tahun. Sekolah ini masih kekurangan ruang kelas dan ruang guru. Kondisi belajar dan mengajar diperburuk oleh kerusakan gedung karena belum pernah direnovasi.

Sekolah memiliki lima ruang kelas, ruang kepala sekolah, dan gudang sejak berdiri tahun 1998. Kegiatan belajar dan mengajar idealnya butuh enam kelas. karena keterbatasan ruangan, kelas 1 dan kelas 2 terpaksa berbagi jam belajar masing-masing masuk pukul 07.00 – 10.00 dan 10.00 – 12.30 WIB.

Kepala SDN 1 Ulu Semong Supriyanto, Rabu 9 Juni 2021, mengungkap guru, siswa maupun wali murid atas kekurangan ruang kelas dan ruang guru. Gedung sekolah belum pernah direnovasi selama 23 tahun sehingga banyak atap dan plafon jebol. Sebagian konstruksi kayu sudah lepas atau rapuh.

Kerusakan meliputi ruang kelas 1, 3, 4, dan gudang. Air hujan menerobos ruangan selama musim hujan. Genangan air juga merusak bangku maupun lantai. Lebih dari itu, kerusakan gedung membahayakan keselamatan siswa dan guru jika tiba-tiba runtuh.

Gedung tiidak cukup hanya perbaikan ringan. Supriyanto berharap Dinas Pendidikan Tanggamus merenovasi gedung tahun ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK). Kelayakan gedung dan kenyamanan belajar bakal menentukan pencapaian tujuan pendidikan.

DEDI KAPRIYANTO

0 komentar:

Posting Komentar