Senin, 22 Agustus 2022

Banjarnegeri Rayakan HUT RI dengan Lomba Tangkap Lele

GUNUNG ALIP (21/8/2022).- Berbagai cara dilakukan Pekon di Tanggamus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Di Banjarnegeri, Gunung Alip, acara paling seru saat warga ramai-ramai menangkap lele di sebuah kolam yang beberapa bulan sebelumnya sudah ditabur 30 kilogram.

Karena jenis ikannya licin, tentu saja tidak mudah menangkap lele. Ada warga yang hanya bolak-balik di kolam, tetapi ada juga yang jeli melihat gerakannya, menangkapnya, dan memasukkannya ke dalam kantong yang dibawa.

Tidak jauh dari lokasi kolam, panitia juga menyelenggarakan lomba panjat pinang khusus dewasa dan anak-anak. Sebagaimana halnya menangkap ikan lele, menaiki batang pohon yang licin tidak semudah yang dibayangkan.  Beberapa peserta mengalah dan mempersiakan regu yang lain.

Lomba panjat pinang menarik banyak minat remaja, karena selain ingin mengambil hadiah yang digantung di pucuk pohon, pemenang juga memperoleh hadiah uang tunai 600 ribu rupiah.

Kepala pekon Banjar negeri Carfy Juhir mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 meriah, karena selain sudah dua tahun tidak diselenggarakan, seluruh aparatur pekon, BHP, Karangtaruna, dan risma, kompak mengorganisasir warga.

Lomba menangkap ikan lele dan panjat pinang di sawah dilakukan pada puncak acara, sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang lomba lain, seperti joget balon, balap karung, makan kerupuk.

Carfy Juhir mengatakan ia merasa bersyukur diberi amanah oleh warga. Pada Tahun 2022, lewat Dana Desa, mereka juga membangun balai kemasyaratan, rabat beton, dan tiga unit gorong-gorong, yang ditargetkan selesai September mendatang.

Kepala Desa Banjar Negeri itu juga menyebut dirinya sudah menghibahkan lahan seluas 200 meter persegi untuk membangun tempat pengolahan sampah, untuk mencegah warga tidak lagi membuang sampah ke sembarang tempat, terutama ke sungai.

AFNAN HERMAWAN

0 komentar:

Posting Komentar