Pantauan Udara Tahun Baru: Warga Lampung Padati Pantai

BANDARLAMPUNG (31/12/2022) -  Meski cuaca tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya, warga Lampung mulai memadati lokasi wisata pantai, untuk mengakhiri Tahun 2022 pada Sabtu, 31 Desember, dan menyambut Tahun Baru 2023 pada malam harinya.

Hasil pantauan udara dengan helikopter Polda Lampung pada Sabtu, 31 Desember 2022, kepadatan tampak di pantai pesisir dari arah Bandarlampung menuju Lampung Selatan atau menuju Pesawaran. Warga memadati lokasi wisata sejak siang hari.

Tradisi bertahun baru di pesisir pantai dari arah Bandarlampung menuju Lampung Selatan sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Belakangan ini bergeser ke arah Pesawaran, hingga Teluk Pandan.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Pandra Arsyad mengatakan Polda memperkirakan warga akan meramaikan 243 lokasi wisata di provinsi paling ujung di Pulau Sumatera tersebut, mulai dari sehari sebelum penutupan akhir tahun, malam tahun baru, dan hari pertama Tahun 2023.

Kombes Pol Pandra Arsyad menyebut keramaian penyambutan tahun baru terganggu cuaca pada tahun ini, meski ia memperkirakan minat warga tinggi, karena tiga kali pergantian tahun sebelumnya, dirundung pandemi covid-19.

Mewakili Kapolda Lampung, Kabid Humas mengatakan Polri mengharapkan warga mengupdate kabar cuaca jika hendak bepergian atau menuju lokasi wisata. Seluruh jajaran Polda mengamankan seluruh lokasi wisata untuk menghindari warga terdampak pengaruhnya.

Selain memantau pesisir Bandarlampung, Lampung Selatan, dan Pesawaran lewat udara, Polda Lampung juga mengitari pusat kota dan sejumlah jalan, yang akan dipakai warga untuk menyambut Tahun 2023.

Meski sedikit cerah di pagi hari hingga jelang siang, cuaca di Bandarlampung mulai mendung menjelang sore, dan bahkan disiram hujan selepas Ashar. Warga Ibu Kota Lampung diperkirakan lebih banyak berdiam di rumah atau keluar setelah hujan reda pada malam hari.

Keramaian penyambutan tahun baru di Pusat Kota Bandarlampung juga diperkirakan akan direm oleh segeranya anak-anak masuk sekolah pada Senin, 2 Januari 2023. 

Tibanya waktu anak-anak masuk sekolah memengaruhi keramaian di jalan tol Trans Sumatera ruas Kotabaru dan Terbanggi Besar pada Sabtu, 31 Desember 2022. Jumlahnya diperkirakan akan melonjak pada Minggu dan malam Senin, dan menjadi puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

Mengutip Kapolda Lampung dalam apel penyambutan Tahun Baru, Kabid Humas Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, meminta seluruh anggota Polri yang bertugas menempati pos masing-masing, dan terus berkoordinasi dengan BMKG dan lembaga terkait perihal cuaca.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar